Rabu, 24 Desember 2008

Say No To Incinerator , Kenapa ?

Oleh Rangkuman Diskusi Milis Migas Indonesia - Desember 2004

Pertanyaan : Nanang Jamil

Di beberapa situs luar, banyak saya temui lembaga swadaya masyarakat yang mengkampanyekan penolakan terhadap incinerator.

Apakah ada rekan yang bisa menjelaskan, kira-kira alasan apa mereka sampai begitu menghawatirkan incinerator.

Mohon pencerahan, karena di unit saya masih menggunakan incinerator sebagai salah satu metoda pengolahan limbah.


Tanggapan 1 : HMP

Alasannya ;

  • pembakaran tdk sempurna dari incinerator akan menghasilkan DIOXIN...........racun yg sangat berbahaya sekali . Biasanya terbentuk pada saat cooling down dan preheating. DIOXIN sendiri digunakan oleh america pada perang vietnam untuk merontokkan tanaman. Contoh lainnya calon presiden UKRANIA yg diracun pakai dioxin sehingga rusak wajahnya.
  • incinerator yg baik itu ada 10 tahapan , tetapi di indo vendor Cuma menjual sampai tahap ke 2 dgn akal2lan. kalo memenuhi 10 tahapan tersebut saya yakin tdk akan sanggup membelinya.
  • energi cost dari incinerator sangat tinggi sekali
  • penggunaan incinerator yg berlebihan akan menyebabkan global warming dan penyebab lapisan ozon bocor
  • metode blower untuk suply oxigen dalam pembakaran sebenarnya akan menyebabkan tertiup keluar emisi2 berbahaya lainnya seperti penguapan logam berat dll.
  • dari pemerintah kita tdk ada pengawasan yg baik mengenai incinerator
  • karena sdh ada aturan di KLH mengenai metode incinerator untuk pengolahan limbah banyak vendor yang memakai JUDUL ini untuk menjual padahal mereka belum tentu memiliki sertifikasi Incineratornya dari KLH..........

mudah2han sedikit keterangan saya dapat membantu , kebetulan kami menawarkan
teknologi alternatif pengganti incinerator


Tanggapan 2 : Steven Brown

Pak Nanang,

Incinerator jaman dulu memang bisa menimbulkan banyak masalah, karena proses incineration kadang menghasilkan gas2 yg beracun. Oleh karena itu, banyak orang masih takut menggunakan incinorator, padahal incinerator yang moderen malah lebih aman daripada landfill. Jika saya disuruh milih antara tinggal di samping landfill yang moderen atau tinggal di samping incinerator yang moderen, saya akan milih incinerator.

Tapi, jangan lupa, incinerator yang model lama memang banyak bermasalah, dan sebaiknya dihindari.

0 komentar: